Kamis, 25 Mei 2017

Komik Toon Pria Ini Punya Duit Rp 48 Triliun Berkat Bisnis Drone

Foto: Komik ToonINET/YudhiantoFoto: Komik ToonINET/Yudhianto

Komik Toon Jakarta - Popularitas drone makin melesat. Sekarang sudah banyak orang memiliki drone untuk sekadar hobi atau keperluan lain, termasuk di Indonesia. Bisnis pembuatan drone pun makin seksi, membuat lelaki usia 37 tahun ini jadi triliuner.

Namanya yaitu Frank Wang Tao. Perusahaan yang dirintis pria asal China ini, DJI Innovations, sekarang disebut-sebut sebagai produsen drone terbesar di dunia.

Drone DJI memang berkualitas dan laris. Sebut saja seri Phantom yang populer di kalangan profesional. Seri terbaru, DJI Spark, merupakan drone super mungil berkemampuan canggih, ia dapat dikontrol dengan tangan. DJI Spark diprediksi banyak diminati masyarakat umum alasannya yaitu relatif murah dan mudah digunakan.

Kesuksesan DJI Innovations membuat Wang diperkirakan memiliki harta di kisaran USD 3,6 miliar atau di kisaran Rp 48 triliun.

DJI diperkirakan memegang 70% market share di bisnis drone untuk consumer. Pada tahun 2016, nilai penjualan mereka diperkirakan mencapai USD 1,5 miliar.

Perusahaan yang dirintis oleh Wang semenjak tahun 2006 dan berkantor sentra di Shenzen, China ini, memang disebut sebagai salah satu penyebar virus drone sebagai hobi.

"DJI Innovations yang memulai pasar unmanned aerial vehicle (UAV) sebagai hobi dan sekarang para pesaingnya coba mengejar," kata analis dari Frost & Sullivan, Michael Blades yang dikutip Komik ToonINET dari Forbes.

Frank semenjak kecil gemar benda berbau pesawat. Lahir tahun 1980, beliau terobsesi dengan helikopter setelah membaca sebuah komik ihwal petualangan helikopter berwarna merah. Ia mengisahkan impianya ketika kecil itu, yaitu memiliki sebuah perangkat terbang dilengkapi kamera, yang akan mengikutinya kemana saja.

Frank suka sekali mengutak-atik helikopter mainan dengan remote kontrol, bahkan merakitnya sendiri. Saat kuliah, helikopter mainan yang dibuatnya bahkan dibeli orang cukup mahal.

"Aku menyelesaikan proyek kuliah membuat helikopter itu pada tahun 2005. Kemudian saya mendirikan perusahaan ini di 2006. Waktu itu, saya membuat video helikopter tersebut dan rupanya orang yang melihatnya tertarik," katanya.

"Seseorang kemudian menghubungiku untuk membelinya. Aku pikir mendapat deal yang mengagumkan alasannya yaitu berhasil menjualnya sekitar USD 6000 padahal untuk membuatnya hanya butuh sekitar USD 2000," tambahnya.

Merasa bisnis itu menguntungkan, Frank pun giat menyebarkan usahanya. Meski awalnya banyak halangan, perusahaan DJI Innovations kini menguasai bisnis drone dan membuat Frank kaya raya.


Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Pria Ini Punya Duit Rp 48 Triliun Berkat Bisnis Drone

0 komentar:

Posting Komentar