Rabu, 12 April 2017

Komik Toon Menteri Susi Sempat Heran Dijadikan Tokoh Komik Jepang

Foto: Iin YumiyantiFoto: Iin Yumiyanti

Komik Toon Tokyo -

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah melihat komik Jepang yang terinspirasi dirinya di manga yang berjudul Golgo 13. Ia pun awalnya merasa heran dan mengaku tak tahu arti dari komik yang sempat bikin heboh netizen itu.

"Saya heran saja. Kok mampu gitu lho orang Jepang. Hahahaha," ucap Susi dengan kalem kala menanggapi dirinya masuk di salah satu abjad komik itu di Hotel Imperial Tokyo, Jepang, Sabtu (15/4/2017).

Baca juga: Heboh! Ada Karakter Komik Jepang Mirip Menteri Susi

Menurut dongeng yang beredar di internet, manga itu berkisah perihal penyelundupan narkotika. Dikisahkan, seorang tokoh pemerintah sedang diwawancarai para jurnalis alasannya ialah keinginannya menenggelamkan kapal-kapal ilegal yang masuk teritori wilayahnya.

Jurnalis ingin memastikan apakah tokoh seakan-akan Susi itu benar-benar akan menghancurkan semua kapal milik negara abnormal yang menginjak wilayahnya. Sempat disebut, ada kapal ilegal dari Malaysia, Vietnam, juga China.

"Kita tidak mampu membiarkan kapal mana pun termasuk milik China untuk menjajah laut kita," kata sosok orang pemerintahan yang karakternya seakan-akan Susi itu dengan tegas, di dalam episode berbahasa Jepang.

Sketsa yang beredar di internet kemudian berlanjut pada episode kapal yang meledak. Adegan itu seakan-akan dengan salah satu kegiatan sungguhan Susi, ketika hendak menenggelamkan kapal ilegal di lautan Indonesia beberapa waktu lalu.

Perawakan sosok itu pun mirip, demikian pula atributnya. Mulai dari pakaian, kacamata, rambut, baret, hingga secangkir kopi di tangan Susi pun dibuat serupa. Saat itu Susi memakai kemeja putih bercorak hitam, kacamata hitam dan topi baret berlambangkan Garuda. Internet bahkan membandingkan foto Susi dan bagan itu.

Meski begitu, belum mampu dipastikan apakah sang pengarang komik benar-benar terinspirasi dengan Susi dan abjad yang digambarnya ialah sang menteri. Namun yang pasti, Susi sendiri ketika ini sedang berkunjung ke Jepang dan juga ditemani oleh para jurnalis.

"Saya sudah lihat komik itu di Twitter. Saya tidak tahu artinya (tulisan di komik itu) apa," komentar Susi di hadapan para jurnalis termasuk Komik Tooncom yang ikut mengiringi perjalanan dinasnya di Jepang.





Namun, begitu mengetahui arti dari komik Jepang itu, Susi pun karenanya mampu bernafas lega. Justru menurutnya, komik itu indah isinya dan bikin gembira Indonesia.



"Di Jakarta, sobat saya orang Australia jalan-jalan di Pasar Senen. Dia lalu mengirim saya foto di Pasar Senen, banyak orang jualan kartun saya. Ada yang saya pakai kapal, ada yang pakai granat," lanjut Susi.

Golgo 13 diketahui sebagai manga tertua yang dipublikasikan di Jepang. Ia telah ada semenjak 1968. Ceritanya bermacam-macam, namun menurut Bunsho Kajiya dari penerbit komik Shogakukan Asia, biasanya itu dongeng seorang penembak jitu.

"Tapi topiknya berganti-ganti dan pengarang memilih gosip internasional. Mungkin alasannya ialah Menteri Kelautan dan Perikanan Anda sangat terkenal di dunia, maka ada sosoknya. Tapi saya pikir beliau [penulis komik] tidak menyebut namanya," ujarnya kepada CNNIndonesia, Jumat (14/4/2017).

Ia melanjutkan, "Bagaimana pun, biasanya penulis tidak menggunakan nama asli di ceritanya. Meski ini terinspirasi dari Menteri Perikanan dan Kelautan Anda sekali pun, saya pikir beliau tidak akan menggunakan nama asli [Susi Pudjiastuti]."

Dalam satu bundel komik Golgo 13, mampu satu hingga tiga cerita. Ia juga tidak yakin apakah kapal ikan di Indonesia benar-benar jadi satu dongeng tersendiri.

Shogakukan Asia merupakan salah satu penerbit terkenal di Jepang. Komiknya yang populer salah satunya ialah Detective Conan. Golgo 13 bukan komik yang diterbitkan Shogakukan Asia. Tapi terkadang itu menjadi salah satu sisipan dalam serial majalah besar yang mereka terbitkan, bertajuk Big Comic.

Shogakukan Asia sendiri menerbitkan komik berisi figur terkenal dari satu negara, dan berniat melaksanakan hal yang sama di Indonesia. Edisi terakhir mereka membukukan dongeng hidup Lee Kuan Yew, mantan Perdana Menteri Singapura. Bukan tidak mungkin Susi atau tokoh politik lain di Indonesia menjadi ide selanjutnya.

Belum diketahui pula siapa penulis untuk Golgo 13 yang memasukkan sosok Susi itu. Media menyebut Takao Saito, namun komik itu punya tidak hanya satu penulis.

Ini bukan pertama kali tokoh Indonesia masuk dalam komik. Mantan Presiden Soeharto pun sempat dijadikan tokoh komik. Bahkan, baliho kampanye Jokowi-Ahok ketika Pilkada DKI Jakarta pernah disisipkan ke komik Batgirl #1 di DC Comics.

Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Menteri Susi Sempat Heran Dijadikan Tokoh Komik Jepang

0 komentar:

Posting Komentar