Minggu, 26 Februari 2017

Komik Toon Menulis Cerita di Wajah dengan Portrait Typography

Foto: Komik ToonINET/Ari SaputraFoto: Komik ToonINET/Ari Saputra

Komik Toon Jakarta - Memperkuat karakter foto portrait mampu dengan banyak cara. Sebut saja dengan mengubah ke gaya poster, vektor, mengganti background, menambah layer, hingga menyulap ke genre bagan atau komik.

Nah yang satu ini ialah trik memperkaya karakter foto portrait dengan genre typography. Biasanya, trik ini digunakan untuk poster, kampanye, cetak kaos, atau kebutuhan digital yang lain.

Foto Vikra Ijas (kiri) dan setelah dibuat typography portrait. Foto Vikra Ijas (kiri) dan setelah dibuat typography portrait. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


1. Siapkan foto portrait yang besar lengan berkuasa baik secara teknis maupun cerita. High resolution, tidak goyang, blur atau tidak under exposure. Ada baiknya foto hasil jepretan sendiri atau foto yang free download. Kalaupun tidak, usahakan mendapat izin dari si fotografer sebelum diubah menjadi typography atas alasan menghormati kreatifitas visual.

Dalam pola ini saya menggunakan 'model' Chief Marketing Officer kitabisa.com, Vikra Ijas. Mengetahui latar belakang model/tokoh menjadi penting alasannya berkaitan dengan tumpukan teks yang akan digunakan untuk melukis wajahnya.

Command+Shift+U, tekan Duplicate Layer.Command+Shift+U, tekan Duplicate Layer. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


2. Membuat file displacement dari foto yang disiapkan. File 'displacement' ini akan digunakan di bab selesai kertas kerja ini.

Caranya, setelah membuka file foto di photoshop, jadikan foto menjadi hitam-putih dengan menekan command+shift U. Kemudian klik di pojok kanan 'layers', lalu klik duplicate layer.

Di pilihan duplicate layer, pilih document: new, dan tulis di kolom new: displacement. Anda mampu memberi nama lain, tidak harus 'displacement'. Lalu tekan OK.

Setelah tekan OK, secara otomatis akan muncul file gres di samping file foto. Klik Filter —> Blur —> Gaussion Blur. Pilih radius blur: 5. Tekan Ok. Kemudian simpan foto displacement yang telah blur tersebut menggunakan file psd.

Membuat displacementMembuat displacement. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


3. Membuat foto hitam putih yang akan dibuat typography. Caranya kembali ke foto hitam putih sebelum dibuat displacement. Lalu cari pensil tool, set fareground color hitam-putih, dan tekan tool 'edit in standar mode (Q)'.

Pisahkan model dengan background dengan cara mengiris wajah model menggunakan pensil tool (telah berwarna merah secara otomatis). Pisahkan model dengan background. Lalu isi bab wajah dengan menekan tool 'bucket tool'. Biarkan wajah menjadi merah.

Lalu tekan Q, kemudian tekan Select —> Inverse. Lalu tekan Select —> refine edge. Centang di bab Smart Radius, beri option radius sekitar 40 px. Anda bebas memilih pada radius yang paling sesuai, tergantung gradasi irisan di bab rambut. Semakin rambutnya acakan-acakan dengan bcakground, radiusnya makin tinggi. Pilih option Output To di bab bawah dengan New Layer with Layer Mask. Klik OK.

Foto dengan background transparan sudah kita peroleh. Lalu untuk mengubahnya menjadi hitam, klik 'create new layer' di bab kanan bawah 'Layers'. Secara otomatis akan muncul layer gres 'Layer 1' di 'Layers' bab atas. Geser Layer 1 ke posisi tengah, lalu tekan Alt+delete.

Sekarang kita sudah memperoleh foto dengan background hitam. Jika sudah rapih, maka pekerjaan selesai. Jika belum, mampu meminjam tool brush untuk menghaluskan bab pinggir rambut/badan dengan background. Sebelumnya, klik di bab background copy dan perhalus dengan tool brush secara manual.

Memotong subjek dengan background. Memotong subjek dengan background. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


4. Membuat typography yang akan diletakkan di bab wajah model/tokoh. Caranya dengan menyiapkan teks terlebih dahulu di note/word. Tulis konten dan bahan teks yang sesuai dengan tema.

Setelah itu copy dan masukkan (paste) di wordle.net. Lalu klik 'go' dan typography acak sudah mampu diperoleh. Sesuaikan pilihan language, font, lay out dan color menyerupai yang diiinginkan. Dalam pola ini, menggunakan Language: MAKE ALL WORDS-UPPER CASE, font: League Gothic, layout: straighter edges - horizontal, color: WB - Little variation.

Lalu klik 'Open in Window' yang ada di pojok kiri bawah. Perbesar di layar komputer (maximize), kemudian printscreen. Printscreen ini yang akan dibuka di Photoshop.

Setelah dibuka di photoshop, buatlah sisi atas dan bawah printscreen menjadi hitam. Caranya dengan klik tool Rectangular Marquee Tool, buat kotak di bab hitam typography. Lalu inverse dengan klik Select —> Inverse. Lalu tekan Alt+Del.

Kemudian buka 'channels' lalu klik ikon bulatan di bab kiri paling bawah 'load channels as selection'. Hasilnya berupa 'semut-semut' yang mengelilingi huruf/angka.

Lalu klik 'Layers', klik 'create a new layer' yang ada di bab bawah kanan. Maka akan muncul layer suplemen 'Layer 1'.Kemudian klik Command+Delete, lalu Command+D.

Kita sudah mempunyai typography yang mampu pribadi di drag ke folder foto. Tarik (drag) teks itu ke folder foto dan pribadi timpa ke wajah model/tokoh.

Proses membuat background menjadi gelap.Proses membuat background menjadi gelap. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


5. Buatlah bayangan pada font dengan cara klik dua kali pada layer 2 (layer typography). Nanti bakalan muncul pilihan layer style. Klik di bab kiri paling bawah (crop shadow). Atur sesuai selera sehingga font/tulisan mempunyai bayangan. Klik OK.

Lalu klik bab 'fx' di Layer 2. Itu untuk menghilangkan ikon effect dan drop shadow di Layer 2. Sekarang kita mempunyai urutan Layers dari terbawah yakni Background, Layer 1, Background copy dan Layer 2.

Membuat typography di wordle.net.Membuat typography di wordle.net. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


Gandakan typography acak di Layer 2 dengan menekan Command+J. Drag typography dan goresan pena sudah menjadi dua. Ulangi berkali-kali hingga seluruh wajah tertutup typography. Tidak ada aturan baku berapa lapis yang diperlukan, sesuaikan dengan selera. Pada pola ini membutuhkan 12 penggandaan (12 layer copy).

Klik semua layer penggandaan itu, lalu satukan menjadi satu layer dengan menekan Command+G. Nanti akan muncul Layers 'Group 1'.

Membuka hasil typography untuk menyiapkan sebagai layer di wajah subjek.Membuka hasil typography untuk menyiapkan sebagai layer di wajah subjek. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


Membuat bayangan typography.Membuat bayangan typography. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


Tumpuk lagi typography dengan menekan Coommand+J. Kali ini dengan memutar terlebih dahulu dengan klik Command+T. Putar dan susun hingga beberapa layer (Command+J). Lalu satukan semua layer typography itu menekan Command+G. Nanti layers akan berubah dari Group 1 menjadi 'Group 2'.

Klik Group 2, tekan Command+T. Kecilkan ukuran typography hingga separuh wajah. Kemudian tekan Command+J, tumpuk lagi wajah dengan typography hingga penuh.

Klik semua 'Layer Copy' tersebut dan satukan dengan menggunakan 'Convert to Smart Object'. Mencari pilihan tersebut persis menyerupai ketika hendak 'Duplicate Layer' pada awal-awal kertas kerja ini. Nanti akan muncul Layers 'Group 2 copy 3'.

Menggandakan typography.Menggandakan typography. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


Klik Filter —> Distort —> Displace. Nanti akan muncul pilihan Horizontal scale dan Vertical Scale. Pilih masing-masing dengan skala 10, klik OK.

Dengan mengklik OK, otomatis akan membuka Open Folder. Lalu cari file displacement yang sudah dibuat di awal kertas kerja. Klik OK.

Perhatikan di bab 'Layers'. Klik ikon mata di sebelah Group 2 Copy 3. Lalu klik layer Background Copy, tekan Shift+Alt+Command E.

Proses displacement usai penggandaan typography selesai.Proses displacement usai penggandaan typography selesai. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


Langkah selesai menyelesaikan portrait typography.Langkah selesai menyelesaikan portrait typography. Foto: Komik ToonINET/Ari Saputra


Kita telah mempunyai 5 Layers yang bila diurutkan dari bawah yakni Background, Layer 1, Background copy, Layer 2 dan Group 2 Copy 3. Geser Layer 2 ke posisi paling atas, dan pilih option masking ke Liner Burn. Klik lagi ikon mata di samping layers Typography (layer group 2 copy 3).

Maka pekerjaan membuat portrait typography selesai. Hanya saja risikonya masih agak gelap. Pergilah ke adjustments option, klik Levels atau Curves dan atur skalanya hingga portrait lebih terperinci dan tajam.


(Ari/rns)

Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Komik Toon Menulis Cerita di Wajah dengan Portrait Typography

0 komentar:

Posting Komentar