Minggu, 22 Mei 2016

Komik Toon Popcon Surabaya 2016: Ayo Jadi pelopor Inovasi Kreativitas

Konferensi Pers Popcon Surabaya 2016 Foto: Dok. KibarKonferensi Pers Popcon Surabaya 2016 Foto: Dok. Kibar

Komik Toon Surabaya - Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya didorong menjadi kota pencetus inovasi dan kreativitas dengan menjadi tuan rumah Popcon Surabaya 2016 yang diadakan 4-5 Juni mendatang.

"Dengan adanya Popcon Surabaya 2016 ini, Surabaya selangkah lebih maju untuk menjadi kota pencetus inovasi dan kreativitas!," kata juru bicara Popcon, Eunike Kartini pada wartawan, Selasa (25/5/2016).

Dengan aneka macam kegiatan Pemkot Surabaya yang mendorong anak muda lebih produktif dan kreatif, Popcon mampu menjadi wadah yang dapat mencetuskan kolaborasi antara kreator dengan aneka macam pelaku industri di dalam dan luar negeri.

"Nantinya akan kita gelar di Gedung Siola memiliki nilai historis yang tinggi serta menjadi daerah yang sempurna untuk memperjuangkan dan merayakan kreator lokal untuk go global," imbuhnya.

Dengan mengambil tema City of Superheroes, Popcon Surabaya yang akan dilaksanakan 4-5 Juni 2016 ini akan digelar di Gedung Siola juga menjadi bab dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Kaprikornus Kota Surabaya yang ke 723 tahun. "Selama dua hari itu kita akan aneka macam kegiatan menyerupai talk show, lightning session, workshop, portfolio review, dan exhibition," ungkap Eunike.

Talk show dan lightning session akan diisi oleh diskusi dan presentasi menarik dari para pelaku industri kreatif dari aneka macam sektor: komik, film, video, desain, animasi, game sampai musik. Sebagai contohnya, Faza Meonk (Komikus) dan Sweta Kartika (Komikus), akan menjadi pembicara yang membahas perihal Intellectual Property (IP).

Sementara itu, sesi workshop akan menghadirkan kelas kreatif untuk mengasah keterampilan yang akan dibawakan oleh praktisi industri kreatif yang berpengalaman. Di antaranya akan hadir Dennis Adishwara, CEO Layaria.com yang akan menyebarkan mengenai video 360, sampai Andi Martin, CEO Kratoon yang akan membahas mengenai mengembangkan IP biar mampu berkelanjutan.

Untuk menghasilkan pahlawan-pahlawan baru, Popcon Surabaya mengadakan Intellectual Property (IP) Competition. Kompetisi ini dibuka bagi seluruh anak muda Surabaya yang mampu membuat design superhero dan akan menerima IP mereka sendiri.

Karakter superhero yang dimaksud yakni abjad superhero yang ditemui sehari-hari dan kaya akan unsur budaya lokal Surabaya. Misalnya, secara visual karyanya mampu mengaitkan dengan tokoh, tempat, makanan, tarian, bahasa dan lainnya yang terkenal di Surabaya.

Desainnya juga harus relevan dengan tema Popcon Surabaya, yaitu City of Superheroes, sehingga diutamakan memiliki sifat yang kuat, ramah, cerdas, memiliki superpower, cepat, dan berniat membantu sesama. Tak hanya itu, bentuknya pun harus menarik dan fleksibel.

"Bagi pemenang IP Competition ini, tiga abjad terbaik akan difasilitasi untuk mengembangkan IP-nya secara gratis dengan dibantu oleh tim Popcon Surabaya serta berkesempatan untuk menerima mentoring dengan Pionicon dan Kratoon untuk lebih lanjut menerima insight dalam mengembangkan abjad yang diciptakan,

"Karakter terbaik akan menerima saluran ke aneka macam company yang hadir di Popcon Surabaya guna berkolaborasi lebih lanjut," pungkas dia.

Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Popcon Surabaya 2016: Ayo Jadi pelopor Inovasi Kreativitas

0 komentar:

Posting Komentar