Minggu, 01 Mei 2016

Komik Toon Popcon Asia Mencari Pahlawan Kreatif di Surabaya

Foto: Popcon AsiaFoto: Popcon Asia

Komik Toon Jakarta - Semangat kepahlawanan dan pantang mengalah sudah semenjak lama dihayati oleh warga Surabaya. Berbagai pertempuran melawan kemerdekaan dihadapi dengan gagah berani, yang membuat Surabaya layak dianugerahi sebagai kota pahlawan.

Tidak hanya itu, Surabaya juga melahirkan para pahlawan nasional yang mengubah nasib bangsa ibarat Bung Karno dan Bung Tomo. Berpuluh tahun kemudian, Surabaya tumbuh tidak lagi hanya sekadar tempat pertempuran fisik. Surabaya kini menjadi sentra banyak sekali industri dan kegiatan ekonomi.

Bermodalkan populasi penduduk muda yang produktif, Surabaya dicanangkan sebagai kota inovasi dan kreativitas oleh Tri Rismaharini, Walikota Surabaya. Berbagai acara yang mendorong karya anak muda didukung oleh pemerintah kota. Salah satu acara yang diselenggarakan untuk mendukung lahirnya lebih banyak anak muda berkarya ialah Popcon Surabaya.

Kegiatan yang diadakan sebagai rangkaian acara Popcon Asia yang akan diadakan pada Agustus 2016 di Jakarta ini dibutuhkan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat tempat timur Indonesia terkait dengan budaya populer.

Dengan tema City of Superheroes, Popcon Surabaya akan menjadi tempat khusus bagi para kreator lokal di Indonesia untuk dapat menunjukkan karya, sekaligus menjadi wadah yang dapat mencetuskan kolaborasi antara kreator dengan banyak sekali pelaku industri di dalam dan luar negeri.

Acara yang akan dilaksanakan selama dua hari ini akan dihadiri oleh para praktisi industri kreatif yang berpengalaman di bidang komik, game, desain grafis, mainan, film, dan animasi, ibarat Faza Meonk (CEO Pionicon), Andi Martin (CEO Kratoon), Sweta Kartika (Founder Ragasukma, Comic Artist), Dennis Adishwara (CEO Layaria dan Co-Founder Kratoon), Andi Taru (Founder Educa Studio), Christian Bong (Founder Indomusikgram), Anto Motulz (Founder, Editor at Motzter Think Creative), Gerald Sebastian (Ilustrator Kok Bisa Channel), dan Sunny Gho (CEO Kosmik).

Di sini, mereka akan berkumpul untuk membuatkan pengalaman, karya dan hal-hal ahli selama mereka berkecimpung di dunianya. Tidak hanya menghadirkan workshop dan talkshow, Popcon Surabaya memperlihatkan dua kegiatan lain yang dapat meningkatkan semangat berkarya para artis lokal di sana yaitu Portfolio Review dan Intellectual Property Competition.

Dalam portfolio review, para artis lokal akan diberi kesempatan untuk diskusi efektif guna mengkolaborasikan karyanya dengan pihak yang sempurna ibarat para produser, penerbit dan biro lainnya.

Sedangkan, IP Competition yakni kompetisi yang dibuka untuk mahasiswa untuk membuat design superhero mereka sendiri yang sarat akan nilai budaya lokal Surabaya untuk menjadi IP milik mereka nantinya.

Diharapkan dengan adanya kontes ini, paradigma masyarakat mengenai sulitnya pengurusan hak kekayaan intelektual akan berubah, terlebih lagi apabila adanya tunjangan faktual dari pemerintah, ibarat yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya.

Popcon Surabaya akan diadakan di Gedung Siola, Jl. Tunjungan, Surabaya dari tanggal 4-6 Juni 2016. Acara ini tidak dipungut biaya.

Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Popcon Asia Mencari Pahlawan Kreatif di Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar