Sabtu, 28 Mei 2016

Komik Toon Kominfo dan Telkomsel Galang Aksi Internet Baik

Foto: Komik Tooncom/rouFoto: Komik Tooncom/rou

Komik Toon Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler Telkomsel dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat, sebetulnya menggalang kampanye semoga internet digunakan secara 'baik' oleh masyarakat.

"Saya mengapresiasi langkah Telkomsel untuk menekan dampak negatif Internet dengan kampanye #internetBAIK," kata Menkominfo Rudiantara di ruang serbaguna Kominfo, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Menurutnya, acara ini sejalan dengan gerakan sosio kultural Kemkominfo adalah acara Agen Perubahan Informatika (API) yang menjadi garda terdepan dalam melaksanakan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan Internet secara CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) di seluruh Indonesia.

"Mari kita bergerak serentak dan saling pundak membahu dalam menjaga, mengingatkan dan melindungi masyarakat melalui pemanfaatan Internet secara CAKAP dan BAIK," lanjut menteri yang erat disapa Chief RA tersebut sembari meluncurkan buku In-CAKAP dan aplikasi API.id.

Aplikasi API.id yang dimaksud merupakan media daring untuk memonitor dan memperluas proses rekrutmen Agen Perubahan Informatika (API).

Sementara buku IN-CAKAP dan komik Cakap Bermedia Sosial merupakan buku panduan yang berisi ajaran berinternet secara cerdas, kreatif dan produktif, yang menuntun para pengguna internet semoga dapat mengakses internet secara lebih baik sesuai dengan etika, budaya dan norma yang berlaku.

Sedangkan kata 'baik' yang dimaksud dalam kampanye #internetBAIK ini, menurut Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, merupakan abreviasi dari makna 'bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif'.

Program yang digagas Telkomsel ini, menyerupai dipaparkan olehnya, memang bertujuan untuk menciptakan ekosistem digital yang nyata dan konstruktif dalam penggunaan internet sehari-hari.

"Sudah menjadi kewajiban kami untuk membangun ekosistem digital yang nyata dengan mengedukasi dan menunjukkan contoh bagi masyarakat Indonesia wacana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menunjukkan nilai tambah bagi kita semua," ujar Ririek.

Ia menambahkan, seiring dengan makin meluasnya ketersediaan jaringan broadband di seluruh Indonesia, Telkomsel melalui #internetBAIK berusaha untuk menekan penggunaan layanan broadband yang kurang bermanfaat.

Program #internetBAIK ingin menanamkan semangat cyber wellness di kalangan dewasa dengan menunjukkan sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara 'baik'.

Penggunaan internet yang bertanggung jawab artinya memanfatkan internet secara sempurna sesuai dengan norma dan etika.

Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruh dari internet.

Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal yang nyata dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya.

Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

"Kami percaya dan yakin bahwa penggunaan internet secara baik akan meningkatkan produktivitas dan menunjukkan dampak nyata bagi perkembangan bangsa," tegas Ririek.

#internetBAIK sebagai sebuah kampanye cyber wellness meliputi rangkaian acara sosialisasi dan workshop yang ditujukan bagi segmen bawah umur (murid Sekolah Dasar kelas 4-6) dan dewasa (murid Sekolah Menengah Pertama) sebagai entry level pengguna Internet.

Serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping, sehingga pemahaman mengenai pemanfaatan internet secara baik dibutuhkan dapat terwujud secara komprehensif.

Selain itu, #internetBAIK juga akan berkolaborasi dengan banyak sekali komunitas dan pemangku kepentingan terkait, sehingga kampanye ini mampu berubah menjadi sebuah gerakan sosial yang meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai pentingnya penggunaan internet secara bijak.

Pada tahap awal, Telkomsel melibatkan Yayasan Kita dan Buah Hati yang semenjak 1998 telah fokus dalam kegiatan konsultasi, pendampingan, pelatihan dan advokasi seputar berita keluarga dan pengasuhan anak.

Kemudian ICT Watch sebagai organisasi aktivis awal gerakan digital literasi 'Internet Sehat' semenjak 2002. Dan terakhir Kakatu, sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memproteksi dunia digital anak semoga terhindar dari kecanduan gadget, permainan online dan konten negatif lain yang ada di dalamnya.

Telkomsel melalui #internetBAIK juga ingin menunjukkan pinjaman kepada pemerintah dalam menyebarluaskan gerakan Agen Perubahan Informatika, yang ditujukan untuk menjadi garda depan dalam melaksanakan pendidikan internet.

"Pada alhasil kami juga mengajak para pemangku kepentingan untuk turut berhubungan sehingga bersama kita semua dapat membangun aliansi strategis dalam membuatkan pemahaman penggunaan dan pemanfaatan teknologi seluler secara Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif," pungkas Ririek.

Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Komik Toon Kominfo dan Telkomsel Galang Aksi Internet Baik

0 komentar:

Posting Komentar