Jumat, 07 Agustus 2015

Komik Toon Edan! Bisnis Drone Bikin Pria Ini Raup Duit Rp 48 Triliun

Frank Wang (ist)Frank Wang (ist)

Komik Toon Jakarta - Popularitas drone makin melesat. Sekarang sudah banyak orang memiliki drone untuk sekadar hobi atau keperluan lain, termasuk di Indonesia. Bisnis pembuatan drone pun makin seksi, bahkan membuat lelaki yang gres berusia 34 tahun ini jadi miliarder.

Namanya yaitu Frank Wang Tao. Perusahaan yang dirintis pria asal China ini, DJI Innovations, sekarang disebut-sebut sebagai produsen drone terbesar di dunia. Tahu drone merek Phantom? DJI Innovations yang membuatnya.

Kesuksesan DJI Innovations membuat Wang diperkirakan memiliki harta di kisaran USD 3,6 miliar atau di kisaran Rp 48 triliun. Dalam perhitungan 100 orang terkaya dunia di jagat teknologi, Forbes menempatkannya di posisi ke 54.

Menurut riset Frost & Sullivan, DJI Innovations kini memegang 70% market share di bisnis drone untuk consumer. Tahun ini, nilai penjualan mereka diperkirakan mencapai USD 1 miliar, naik dari USD 500 juta di tahun 2014.

Bulan Mei lalu, DJI Innovations mendapatkan pendanaan USD 75 juta dari Accel Partners yang membuat perusahaan itu bernilai sekitar USD 8 miliar. Perusahaan yang dirintis oleh Wang semenjak tahun 2006 dan berkantor sentra di Shenzen, China ini, memang disebut sebagai salah satu penyebar virus drone sebagai hobi.

"DJI Innovations yang memulai pasar unmanned aerial vehicle (UAV) sebagai hobi dan sekarang para pesaingnya coba mengejar," kata analis dari Frost & Sullivan, Michael Blades yang dikutip Komik ToonINET dari Forbes, Senin (10/8/2015).

Frank mengaku semenjak kecil sudah gemar dengan benda berbau pesawat. Lahir tahun 1980, beliau terobsesi dengan helikopter setelah membaca sebuah komik perihal petualangan helikopter berwarna merah. Ia mengisahkan impianya dikala kecil itu, yaitu memiliki sebuah perangkat terbang yang dilengkapi kamera, yang akan mengikutinya kemana saja.

Frank suka sekali mengutak-atik helikopter mainan dengan remote kontrol, bahkan merakitnya sendiri. Saat kuliah, helikopter mainan yang dibuatnya bahkan dibeli orang cukup mahal.

"Aku menyelesaikan proyek kuliah membuat helikopter itu pada tahun 2005. Kemudian saya mendirikan perusahaan ini di 2006. Waktu itu, saya membuat video helikopter tersebut dan rupanya orang yang melihatnya tertarik," katanya.

"Seseorang kemudian menghubungiku untuk membelinya. Aku pikir mendapat deal yang cantik alasannya berhasil menjualnya sekitar USD 6000 padahal untuk membuatnya hanya butuh sekitar USD 2000," tambahnya.

Merasa bisnis itu menguntungkan, Frank pun giat membuatkan usahanya. Meski awalnya banyak halangan, perusahaan DJI Innovations kini menguasai bisnis drone dan membuat Frank kaya raya.

Terutama alasannya kesuksesan drone merek Phantom yang kini sangat populer di banyak sekali negara. Untuk diketahui, sekitar 30% pendapatan DJI Innovations berasal dari Amerika Serikat, 30% dari Eropa, 30% dari Asia dan sisanya dari Amerika Latin dan Afrika.

Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Edan! Bisnis Drone Bikin Pria Ini Raup Duit Rp 48 Triliun

0 komentar:

Posting Komentar