Senin, 06 Juli 2015

Komik Toon Remaja Ini Tinggal 3 Tahun di Kamar Kerjaannya Cuma Ngenet

Yuto (abc)Yuto (abc)

Komik Toon Tokyo - Banyak anak muda punya duduk perkara besar, suka mengunci diri di kamar dan pekerjaannya hanya mengakses internet serta membaca komik. Kondisi ini ditengarai menimpa sekitar sejuta orang di negara Jepang.

Disebut sebagai Hikikomori, mereka ini punya duduk perkara sosial berat sehingga mengunci diri di kamar, bisa selama bertahun-tahun. Salah satu yang sempat menderita duduk perkara ini ialah Dr Takahiro Kato yang kini bekerja untuk mencegah anak muda mengalaminya.

Dia mengatakan para pecandu internet ini, yang kebanyakan tidak lagi bekerjasama dengan keluarga dan temannya, sebagian ialah anak pintar.

Contohnya Yuto Onisihi yang usianya 18 tahun. Bayangkan saja, ia sudah tiga tahun tidak meninggalkan kamarnya hanya untuk saluran internet dan membaca komik manga.

Ia akibatnya menyadari punya duduk perkara dan berkonsultasi untuk menyembuhkannya ke pakar terkait. Siang dan malam beliau hanya menjelajah internet dan tidak berbicara pada siapapun. Dia sepertinya depresi semenjak SMP alasannya merasa gagal menjadi ketua kelas.

"Jika kau sudah mengalami hal menyerupai ini, kau kehilangan realitas. Aku tahu ini hal abnormal tapi saya dulu tidak mau mengubahnya. Soalnya terasa aman di dalam sini," katanya dilansir Daily Mail dan dikutip Komik ToonINET, Kamis (9/7/2015).

Kementerian Kesehatan Jepang mendefinisikan hikikomori sebagai orang yang tidak berpartisipasi di masyarakat, baik berguru atau bekerja, dan tidak memiliki kekerabatan akrab dengan keluarganya. Kondisi ini harus berjalan sedikitnya enam bulan.

Diyakini duduk perkara hikikomori ini cukup parah di Jepang. Salah satu penyebabnya, ekspektasi kesuksesan yang tinggi mengakibatkan tekanan pada anak muda dan mereka merasa malu jika mengalami kegagalan.

Kebanyakan hikikomori tinggal di rumah orang tuanya dan kebutuhan hidup masih dipenuhi ayah ibunya. Dr Kato mengatakan terapi sangat diharapkan untuk mereka.

Perawatan bagi mereka misalnya meningkatkan kemampuan komunikasi. Soalnya banyak yang tidak mau berbicara pada orang lain seama bertahun-tahun.

Tapi masalahnya, banyak hikikomori yang tidak mau berkonsultasi dan sudah nyaman dengan keadaannya. Maka duduk perkara ini bisa semakin serius alasannya penderitanya menjadi tidak produktif dan bisa berdampak pada perekonomian Jepang di masa depan.

Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Remaja Ini Tinggal 3 Tahun di Kamar Kerjaannya Cuma Ngenet

0 komentar:

Posting Komentar