Kamis, 11 Juni 2015

Komik Toon Ini Cara Bikin Video Online Jadi Meledak

Suasana program (adi/Komik ToonINET)Suasana program (adi/Komik ToonINET)

Komik Toon Surabaya - Kalau sekadar membuat video online, mungkin aneka macam orang yang mampu melakukannya. Namun biar video tersebut mampu ditonton banyak orang, tentu membutuhkan trik tersendiri. Apa saja?

Dalam workshop video online d'Preneur, sineas sekaligus CEO Layaria, Dennis Adhiswara membagikan tips biar video online dapat meraup banyak penonton. Menurutnya ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni targetting, shareable dan discoverability.

Sebelum membuat video harus terlebih dulu memikirkan target yang akan disasar. Dennis mencontohkan dikala komik Naruto dibuat. Sang pencipta, Masashi Kishimoto, membuat Naruto untuk pembaca berumur 10-15 tahun yang suka kisah aksi. Karena itu Kishimoto membuat sosok Naruto berumur tidak jauh dengan pembacanya.

Begitu Naruto menginjak 5 tahun, ceritanya pun kian berkembang seiring umur pembaca, misalnya sudah ada kisah cinta, intrik politik lebih dalam dan lain-lain. Begitu pula dalam membuat video, penting untuk menentukan target penonton.

Selanjutnya yakni shareable, dimana tujuan pembuat video tersebut dan dapat dibagaikan bermacam medium. Menurut Dennis, penyebaran paling besar itu bukan internet, tapi dari verbal ke mulut. Selain itu dikala membuat video, sang kreator harus mampu menjelaskan dalam satu kalimat.

"Bila tidak mampu dipaparkan dalam satu kalimat, itu bukan shareable namanya. Dan jangan membuat video yang mengincar kata kunci," tegas pria berkacamata ini.

Terakhir discoverability, bagaimana video mampu ditemukan. "Judul, tag, thumbnail, deskripsi yakni kuncinya. Semakin sederhana itu semakin baik, tidak ribet dan tapi juga tidak terlalu mudah," pungkas sineas yang identik dengan sosok Mamet AADC ini.


Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Ini Cara Bikin Video Online Jadi Meledak

0 komentar:

Posting Komentar