Minggu, 14 Juni 2015

Komik Toon Apa Kunci Sukses Pemasaran OPPO R7?


Komik Toon Jakarta - Kesuksesan OPPO dalam memasarkan produk smartphone premiumnya yakni R7, merupakan salah satu kisah yang cukup fenomenal. Hanya dalam kurun waktu satu bulan semenjak resmi diluncurkan pada 20 Mei 2015, OPPO R7 berhasil menembus angka penjualan fantastis di negeri asalnya. Apa seni administrasi diam-diam yang diterapkan oleh produsen smartphone asal Tiongkok itu?

Jawabannya promosi dan pemasaran online. Strategi ini memang semakin diminati oleh produsen smartphone. Alasannya lebih efektif dan sesuai dengan perkembangan gaya hidup masyarakat yang semakin modern.

Saat itu OPPO menggandeng situs belanja online terbesar di Tiongkok yakni JD.com untuk mepromosikan produk smartphone terbarunya tersebut. Meski gres diluncurkan pada 20 Mei, OPPO berani juga mencuri start dengan membuka pre-order 6 hari sebelum peluncuran resminya di situs belanja yang sama pada tanggal 15 Mei.

Saat hari pertama memulai pemesanan, JD.com 1 juta unit R7 ludes dipesan. Kemudian dalam 6 hari masa pemesanan, JD.com dapat menembus angka 5 juta unit pemesanan.

Tidak tanggung-tanggung, demi menyedot perhatian kawula muda Tiongkok dan memasukkan pesan-pesan promosi secara efektif, OPPO pun menggarap sebuah web drama. OPPO menggaet pemain drama ternama Li Yi Feng yang tengah naik daun dan memiliki 19 juta penggemar di situs microblogging Weibo. Selain termasuk ke dalam jajaran 10 bintang film papan atas Tiongkok, Akting Li juga telah dikenal di negara lain termasuk Indonesia.

Drama ini dikemas dengan plot dongeng romantis yang disesuaikan dari komik Korea. Namun tetap mendemonstrasikan fitur unggulan OPPO R7 dalam setiap adegan. Salah satunya fitur VOOC Flash Charging. Teknologi dengan slogan "charge 5 menit, telepon 2 jam" ini diklaim dapat mengisi daya baterai 4 kali lebih cepat.

Hanya dalam waktu 12 jam film ini berhasil menerima lebih dari 100 juta views dan 40.000 shares. Strategi promosi OPPO dengan meramu plot dongeng yang menyentuh masyarakat dan ketenaran pemain drama Li Yi Feng berhasil.

Sementara untuk mendemonstrasikan keunggulan fitur kamera dan desain yang begitu stylish, OPPO berafiliasi dengan majalah Bazaar. Kala itu OPPO R7 digunakan dalam pemotretan untuk halaman fashion dengan model papan atas.

Satu bulan menerapkan seni administrasi promosi dan pemasaran ini OPPO berhasil mendulang sukses. Menurut sumber, sebagian besar toko kehabisan stok OPPO R7. Bahkan, penjualan OPPO berhasil menutup 60% angka penjualan dalam satu minggu.

Suksesnya OPPO tentunya menerangkan bahwa pengaruh situs online dan media umum begitu besar. OPPO juga berhasil menerangkan bahwa pemahaman akan kebutuhan pengguna dalam merancang dan mempromosikan suatu produk smartphone akaan berbuah kesuksesan pemasaran.

Keunggulan fitur-fitur OPPO R7 tidak hanya sekedar dapat Anda saksikan melalui banyak sekali bentuk promosi yang sebelumnya pernah Anda lihat. R7 akan hadir di Indonesia dan dapat dipesan mulai 17 Juni hanya di r7.ofanstore.co.id.


Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Komik Toon Apa Kunci Sukses Pemasaran OPPO R7?

0 komentar:

Posting Komentar