Rabu, 26 November 2014

Komik Toon Studio Animasi Asing Pilih Singapura Ketimbang Indonesia

Rini Sugianto Rini Sugianto

Komik Toon Cimahi - Sebagai pelaku animasi, Rini Sugianto tentu saja memperhatikan perkembangan animasi di Indonesia. Ada beberapa catatan darinya, salah satunya menyoroti derma pemerintah semoga perusahaan animasi ajaib melirik Indonesia ketimbang negeri tetangga.

Berbicara di ajang Baros International Animation Festival (BIAF) 2014, Rini mengatakan derma pemerintah untuk animasi Tanah Air salah satunya mampu dengan membantu memudahkan perusahaan animasi ajaib yang ingin membuka cabang di Indonesia.

"Sampai sekarang saya belum lihat upaya untuk mempermudah company luar yang mau buka cabang, ada company di sini. Lebih ke Singapura, bukan di Indonesia. Padahal kan deket banget. Ada yang salah. Makara pemerintah mampu bantu ke arah itu. Ini menguntungkan semoga animator kita mampu bertukar ilmu, bergaul dengan animator luar," kata animator di balik film The Avengers dan The Hobbit ini.

Bantuan lain menurutnya ialah berupa kebijakan penayangan di stasiun TV. Seperti diketahui, di sejumlah negara salah satunya Kanada, pemerintahnya menerapkan kebijakan slot khusus wajib tayang animasi lokal.

"Kalau TV kita kan kayanya masih ragu-ragu nayangin animasi lokal. Makara bila ada kebijakan dari pemerintah menayangkan animasi lokal berapa persen itu mungkin mampu bantu," sebutnya.

Sementara dari segi para animator sendiri, wanita yang sekarang tinggal di San Francisco, Amerika Serikat ini mengatakan tantangannya ialah selalu membuat karya bagus.

"Percuma juga bila derma sudah ada, industrinya indah tapi kita kerjanya gak menghasilkan karya indah ya gak akan bekerja," ujar penyuka komik Tintin ini.

Mengamati perkembangan animasi di Indonesia, dikatakannya banyak animator asal Indonesia yang sudah mendunia. Hal itu menawarkan Indonesia tidak kalah saing dengan animator asing.

Sempat menjadi salah satu juri kompetisi animasi yang diadakan komunitas lokal, Rini menemukan adanya perbaikan kualitas dari animasi yang dihasilkan Indonesia. Dia berharap Indonesia mampu menghasilkan karya animasi yang semakin baik.


Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Studio Animasi Asing Pilih Singapura Ketimbang Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar