Minggu, 25 Mei 2014

Komik Toon Udin cs Ajarkan Kearifan Lokal Lewat Komik Digital

Peluncuran Komik Digital Kawanku di Udinus Peluncuran Komik Digital Kawanku di Udinus

Komik Toon Semarang - Banyaknya komik anak yang memuat konten kekerasan membuat sekelompok mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menciptakan empat tokoh komik lucu yang mengajarkan belum dewasa perihal kearifan lokal.

Tokoh itu ialah Udin, Dian, Nunus, dan Toro yang menceritakan perihal kehidupan sehari-hari mereka yang sarat dengan pesan moral. Salah satu anggota tim Dinus Kreatif yang bertugas menulis cerita, Almas Dianati mengatakan, untuk membuat dongeng anak bergenre pendidikan, banyak konten yang harus dihilangkan ibarat halnya kekerasan dan pornografi.

"Susah-susah gampang bikinnya. Kita mengangkat kehidupan sehari-hari anak," kata Dianati di sela launching komik digital di Udinus Fest 2014 di Mal Paragon Semarang, Selasa (27/5/2014) malam.

Komik pendidikan dengan judul 'Kawanku' itu dipublikasikan secara gratis dan sudah mampu dibaca atau dimanfaatkan untuk sarana pendidikan dalam format digital.

Dosen Desain Komunikasi Visual Udinus Godham Eko Saputro mengatakan, komik tersebut sengaja di publikasikan secara digital semoga mudah diakses dimana saja dan mampu juga di print out oleh siapa saja dengan membuka situs www.dinuscomic.com .

"Kami ingin berkontribusi di dunia pendidikan dengan komik alasannya komik banyak disukai anak-anak," tandas Godham.

Selain Kawanku, ada pula komik-komik lain hasil kreasi mahasiswa Udinus yang bergenre pendidikan untuk anak yang mampu dibaca dalam format digital.

Rektor Udinus Edi Noersasongko menegaskan, komik digital tersebut diperlukan mampu ikut andil memperbaiki bangsa dari generasi muda.

"Kami risih ketika ini komik digital ada unsur kekerasan. Harapannya ini mampu membantu memperbaiki bangsa Indonesia mulai generasi muda," tandas Edi.

"Ini komik digital khusus pendidikan sehingga kita memunculkan perihal kearifan lokal sehingga masyarakat lebih besar hati dengan kearifan bangsa Indonesia," imbuh Dekan Fakultas Ilmu Komputer Abdul Syukur.

Dalam program Dinus Fest 2014 itu, peluncuran komik pendidikan Kawanku itu dilakukan dengan pemukulan gong virtual oleh Suprapto selaku Kasi Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Jawa Tengah.

Selain itu ditampilkan pula karya mahasiswa Udinus lainnya antara lain, aplikasi elektronik Gamelan, animasi dan robot.


Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Udin cs Ajarkan Kearifan Lokal Lewat Komik Digital

0 komentar:

Posting Komentar