Selasa, 30 Oktober 2012

Komik Toon Tablet PC, Si Pengubah Gaya Hidup Digital

Vandroid T1C (advan)Vandroid T1C (advan)

Komik Toon Jakarta - Popularitas tablet PC memang cukup tinggi. Penggunaannya pun tak sekadar untuk berinternet ria, melainkan juga sudah dioptimalkan sebagai penunjang gaya hidup.

Perubahan ini tak lepas dari fungsionalitas tablet yang memang menawarkan kemudahan, kenyaman baik dari sisi teknologi, fitur dan perlindungan aplikasi. Terdapat banyak aplikasi yang tersebar di market, menyerupai game, komik, buku online, kamus digital, dan lain sebagainya.

Malah sekarang ini sudah banyak aplikasi lokal yang khusus meng-capture konten-konten lokal. Misalnya saja, panduan alamat dan daftar kafe di Indonesia, destinasi wisata nasional, dan lain sebagainya.

Fenomena inilah yang juga disoroti oleh Sosiolog Imam Prasodjo. Menurutnya, sekarang ini sudah terjadi perubahan besar-besaran di kalangan masyarakat perihal cara berinteraksi antara satu sama lain.

Jika dulu pertemuan fisik menjadi sangat penting, sekarang cukup dengan sosial media. Terlebih setelah kemunculan tablet PC. "Boleh dibilang sekarang ini muncul generasi gres yang disebut Gen Droid (sebutan untuk pengguna gadget Android)," ungkap Sosiolog dari Universitas Indonesia ini, yang hadir dalam program peluncuran tablet PC Vandroid.

Beragam aplikasi yang tersedia di market memang bisa sangat membantu pengguna, tentunya kalau user dapat memanfaatkan aplikasi itu dengan optimal. Sebagai contoh, kalau dulu ibu-ibu rumah tangga harus memiliki tumpukan buku seri memasak, kini cukup dari tablet saja, membuka buku digital lebih praktis dan mudah.

Pelajar dan mahasiswa bisa saja tak perlu lagi menenteng buku banyak-banyak ke sekolah/kampus, alasannya materi pelajaran sudah terangkum dalam buku digital pada tablet. Sangat simpel dan menawarkan kenyamanan. Ketika waktu rehat, selain bisa membuka materi pelajaran, mereka bisa memainkan banyak sekali game kesukaan.

Adapun bagi seorang dokter, tablet bisa dijadikan sebagai sarana membuatkan keilmuan perihal kedokteran dengan men-share berbagai temuannya, atau sebaliknya bisa lebih cepat mengenal istilah-istliah kedokteran dalam konteks kekinian, menyerupai kamus kedokteran digital, dan lainnya.

Sedangkan bagi seorang desainer, bisa lebih produktif dengan mengoptimalkan fungsi tablet sebagai perangkat yang menyimpan banyak sekali karyanya. Ia bisa melaksanakan presentasi dengan simpel, lebih personal dan lebih rileks. Tidak perlu lagi membawa laptop berukuran besar yang kadang merepotkan.

Masih banyak lagi tentunya banyak sekali fungsi dan optimalisasi tablet untuk semua lapisan masyarakat. Seolah periode tablet sudah mewabah ke banyak sekali profesi dan menjadi episode yang tak terpisahkan dari sistem interaksi sosial kita.

Di sisi lain, menurut pengamat telematika Teguh Prasetya, tren tablet ini tidak lepas dari makin baiknya layanan mobile broadband di Indonesia. Koneksi internet yang makin baik mendorong pertumbuhan tablet secara signifikan.

Apalagi, lanjutnya, operator sudah melihat kebutuhan akan data menjadi revenue yang cukup menggiurkan untuk masa depan. Banyak operator yang sudah membundling paket layanan data dengan para pabrikan tablet.

"Pertumbuhannya positif dan tablet akan menjadi primadona gres di industri," ungkap Teguh.

Hal senada diprediksi oleh IDC bahwa pertumbuhan tablet PC kian positif. Diprediksi, pada tahun 2012 ini ada sekitar 1 juta unit yang siap meramaikan pasar. Sebuah pertarungan yang sangat sengit tentunya.

Peluang Lebar

Nah, kondisi inilah yang membuat banyak sekali vendor berlomba-lomba untuk meramaikan pasar tablet PC Indonesia. Salah satunya yaitu Advan yang menjagokan brand tablet Vandroid.

Chandra Lianto, Direktur Marketing Advan menyatakan, pihaknya optimistis bisa bersaing dengan brand global. Sebab, kalau melihat spesifikasi, antara produk merek lokal dan global diklaim tidak jauh berbeda, OS pun sama-sama menggunakan Android.

"Tapi yang membedakan kami yaitu dalam hal harga. Harga kami sangat rasional dan sangat terjangkau tanpa mengurangi kualitas dan spesifikasi," umbar Chandra.

Optimisme Chandra semakin meninggi dikala mengenalkan Vandroid T1C yang sudah menjalankan Android Ice Cream Sandwich. Ini merupakan tablet 7 inci (1024 x 600 pixel) telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Turbo 1 Ghz.

Fitur lain yang dimilikinya adalah, kamera belakang 5 MP, RAM 512 MB, internal memori 4GB, dan disertai dengan colokan USB. Adapun harganya dipatok di angka Rp 1,9 juta.




Sumber Komik Toon.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komik Toon Tablet PC, Si Pengubah Gaya Hidup Digital

0 komentar:

Posting Komentar